Pindahkan Aplikasi Android ke Memory Card

Handphone dengan operating system (O.S) android memang sangat menggoda kita untuk mencoba semua aplikasi atau game yang tersedia banyak sekali di Market Android, namun satu hal yang harus diperhatikan adalah-berapa besar penyimpanan internal di handphone anda- dan berapa space yang tersisa untuk si aplikasi untuk dapat berjalan dengan mulus. Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, handphone dengan sistem Android ibarat komputer yang dijalnkan dengan sistem linux. Kita bisa mencoba memasang semua aplikasi atau game yang kita suka, dan membuang kembali kalau kita jenuh atau merasa tidak menginginkan aplikasi tersebut. Disinilah untungnya menggunakan handphone dengan sistem Android, proses bongkar pasang aplikasi dan game begitu mudah dan cepat. Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya coba memberikan tip sederhana untuk bisa memindahkan aplikasi atau game ke memory card atau memori eksternal. Nanti saya akan coba juga membahas bagaimana mempartisi memory card menjadi 3 bagian yaitu partisi primary Fat32, primary EXT3 dan primary Linux Swap.

Untuk memindahkan aplikasi ke memory card bisa dilakukan dengan proses rooting, namun buat yang awam dengan sistem oerasi linux atau android masih bisa menggunakan aplikasi gratis yang disediakan oleh Market Android. Silahkan masukan kata kunci "app2sd" di seach lalu tekan enter, dibagian paling atas hasil pencarian akan ada aplikasi App 2 SD (move app to SD)yang di posting oleh Sam Lu. Download dan install, tunggu sampai prosesnya selesai lalu buka aplikasi nya.
Coba lihat gambar, kalau di layar anda sudah tidak ada aplikasi yang muncul di tab MOVABLE ini berarti tidak ada aplikasi yang bisa dipindahkan ke memori eksternal, coba pindah ke Tab ON SD CARD, itu adalah daftar aplikasi yang sudah pindah ke memori eksternal,sedangkan tab disamping nya Tab PHONE ONLY itu artinya aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal, sekedar saran sebaiknya.. kalau tidak terlalu perlu banget aplikasi yang ada di Tab PHONE ONLY... ya uninstall aja biar handphone android anda tetep manstab.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment