Image by mscwne.walla.co.il
Lebih mulus, cepat, dan pintar

Android 4.1 Jelly Bean akhirnya dirilis juga oleh Google. Tablet Nexus 7 yang diciptakan dengan melibatkan Asus menjadi perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi terbaru dari Google itu.

Google mengklaim sistem operasi terbarunya itu lebih cepat ketimbang sistem sebelumnya, Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Tetapi apakah hanya lebih cepat yang membuat sistem itu begitu dinanti-nantikan?

Berikut adalah sejumlah kelebihan Jelly Bean menurut penelusuran Phone Arena:

1. Grafik dan transisi yang mulus menjadi kelebihan Jelly Bean. Respon sentuhan cepat dan pergantian aplikasi juga lebih mulus.

2. Dilengkapi aplikasi Google Now, aplikasi yang mengetahui tempat dan waktu Anda berada. Informasi itu akan digunakan Google untuk memberikan hasil pencarian yang bersesuaian dengan lokasi Anda. Fitur ini baru akan ada di Amerika Serikat.

3. Dilengkapi dengan notifikasi "Actionable". Artinya setiap notifikasi seperti email masuk atau missed call akan langsung digunakan untuk menelpon balik atau membalas email.



4. Ukuran widget bisa menyesuaikan diri dengan layar ponsel.

5. Jelly Bean punya Gallery baru untuk menampilkan dan mengedit foto, sehingga pengguna bisa melihat dan menghapus foto dengan mudah, demikian juga untuk mengedit foto.

6. Keyboard-nya kini lebih pintar dengan aplikasi autocorrect lebih cerdas, kosa kata lebih kaya yang bisa memprediksi kata lebih baik ketimbang Android sebelumnya.

7. Mempunyai aplikasi Voice Dictation Offline, yang bisa berfungsi tanpa jaringan online.

8. Sangat ramah pada pengguna tuna netra karena dilengkapi dengan fitur Braille dan koneksi USB dan Bluetooth

9. Ponsel yang dilengkapi dengan fitur NFC dan Jelly Bean akan mempunyai fungsin Android Beam yang bisa digunakan untuk berbagi kontak, video, dan lain-lainnya hanya dalam hitungan detik.

10. Pencarian suara yang lebih cerdas karena bisa berbicara kembali kepada penggunanya ketika memberikan jawaban yang pintar.

11. Aplikasi Google Now akan memunculkan dokumen yang sesuai dengan lokasi Anda berada. Misalnya Anda sedang berada di bandara maka ponsel Anda akan secara otomatis memunculakan boarding pass Anda.

12. Dan jika Anda ingin merasakan sendiri kecepatan Jelly Bean tunggu saja kehadirannya dalam Galaxy Nexus, Nexus S, dan Motorola Xoom.