Android Oreo 8.0 versus Samsung Callisto


android.com
Moto X 4 - android.com
Google mengumumkan sistem operasi mobile besutan mereka yaitu Android Oreo 8.0 dan menyatakan versi terbaru ini (pastinya) jauh lebih baik dari versi sebelumnya dengan berbagai peningkatan sistem dan fasilitas.  Sebagai salah satu pengguna smartphone yang digerakan oleh sistem operasi Android, mungkin Anda tidak begitu memperhatikan bahkan mempermasalahkan hal ini karena versi Android yang Anda gunakan saat ini masih dalam kategori baru dan masih bisa menunjang banyak hal yang Anda inginkan dari sebuah smartphone, namun taukah Anda bagaimana asalnya sistem operasi mobile besutan Google ini merajai pasar smartphone di dunia.

Judul tulisan diatas mungkin memunculkan rasa heran dan berbagai pertanyaan di kepala Anda, apa hubungannnya Android versi Oreo 8.0 dengan Samsung Callisto, apa itu Samsung Callisto? Hehehe sebenarnya ini sekedar menjadi sebuah catatan penting dalam hidup saya sebagai salah satu pengguna smartphone Android, meskipun saat ini saya - dan mungkin juga Anda - tidak begitu memperhatikan perkembangan sistem operasi Android ini. 

Samsung Callisto adalah nama lain untuk Samsung Galaxy 551 atau Samsung Galaxy i5510, salah satu versi awal generasi Samsung Galaxy yang menggunakan sistem operasi Android. Sebagai salah satu yang pertama memiliki versi smartphone terbaik Samsung saat itu - sekitar tahun 2010, saya masih menyimpan handphone ini meskipun sudah tidak bisa menyala lagi karena kerusakan pada layar LCD nya. 

gsmarena.com



Bagi saya pribadi handphone ini menjadi sangat sangat istimewa karena banyak hal, dan salah satu hal yang sangat penting adalah saya membeli handphone ini disaat hampir semua teman, keluarga dan rekan bisnis saya memilih menggunakan Blackberry yang mereka anggap sebagai smartphone canggih. Lucu nya saat itu saya selalu diketawain mengapa tidak menggunakan Blackberry aja agar bisa berkomunikasi dengan BBM - aplikasi messenger Blackberry - sedangkan saya saat itu sudah menggunakan aplikasi Whatsapp di smartphone saya. Saya juga sempat jadi bahan tertawaan saat saya mengatakan kalau Android bakal menggusur Blackberry dan Whatsapp akan menggantikan aplikasi BBM. Meskipun saat itu kondisi smartphone yang saya miliki sangat jauh spesifikasi nya dibandingkan dengan versi smartphone saat ini, namun saya merasa sangat bangga karena banyak sekali hal yang bisa saya lakukan dengan smartphone saya saat itu untuk keperluan bisnis dan hiburan. Banyak teman yang pakai Blackberry heran melihat layar berwarna dengan icon menarik dan keypad sliding yang memudahkan penggunaan handphone itu, ditambah dengan fungsi touchscreen yang masih sangat baru di masa itu.

Kembali ke judul diatas, Android Oreo 8.0 sudah dipastikan bisa semakin mempermudah hidup Anda dengan berbagai dukungan terhadap berbagai aplikasi dan peningkatan di sektor keamanan. Sangat jauh dibanding versi awal Android versi Froyo 2.2 yang digunakan di smartphone Samsung Galaxy Callisto. Mungkin banyak dari Anda yang tidak tau versi Android Froyo bahkan versi Android versi sebelumnya, saya pernah mencoba mencari di Google dan kaget karena salah satu page di wikipedia tidak mencantumkan versi Android Froyo yang digunakan oleh Samsung Galaxy Callisto. Di tulisan lain saya akhirnya menemukan versi Android yang sangat lengkap dari awal kemunculannya sampai saat ini.

Nama Kode
Versi
Tanggal Rilis
Tidak Ada Kode
1.0
September 23, 2008
Dikenal sebagai "Petit Four"
1.1
February 9, 2009
Cupcake
1.5
April 27, 2009
Donut
1.6
September 15, 2009
Eclair
2.0 – 2.1
October 26, 2009
2.2 – 2.2.3
May 20, 2010
2.3 – 2.3.7
December 6, 2010
3.0 – 3.2.6
February 22, 2011
4.0 – 4.0.4
October 18, 2011
4.1 – 4.3.1
July 9, 2012
4.4 – 4.4.4
October 31, 2013
5.0 – 5.1.1
November 12, 2014
6.0 – 6.0.1
October 5, 2015
7.0 – 7.1.2
August 22, 2016
8.0 – 8.1
August 21, 2017



Saya menulis ini bukan karena saya dibayar atau ada pihak tertentu yang menggunakan tulisan ini untuk kegiatan promosi mereka, tulisan ini semata-mata menjadi salah satu tonggak sejarah dalam hidup saya, saat mengingat bagaimana dulu orang tersenyum miring sewaktu - sekitar tahun 2011 -saya bilang smartphone Android akan merajai dunia. Saat ini dari sumber yang terpercaya - setiap bulannya ada 2 miliar smartphone yang menggunakan Android diaktifkan dari seluruh penjuru dunia - saya yang tersenyum saat memikirkan apa yang akan mereka katakan kalau saya tanya : " Blackberry nya dikemanain bro..."










Tondo Susanto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment